Jakarta – Hai pembaca, asing nggak sih kalian dengan istilah “Digital Marketing” ?

Saat ini adalah era digital, begitu juga dengan pemasaran mengalami sesuatu 

perkembangan. Metode digital marketing mulai digunakan sebagian pelaku usaha untuk memasarkan produk secara online. Jadi, bisa disimpulkan bawahsannya digital marketing adalah pemasaran produk barang dan jasa melalui online ataupun daring. Selain itu seorang digital marketing disebut Digital Marketer.

Kemudahan dalam pemasaran online dan luasnya pangsa pasar menjadi peluang bagi pelaku usaha, khususnya bagi pelaku UMKM. Seperti yang terlihat banyak aplikasi yang menyediakan fitur penjualan seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya. Kemudahan dan efektifitas penggunaanya menjadikan alasan bagi pelaku usaha untuk menggunakan berbagai produk dari digital.

Setelah mengetahui kemudahan dalam digital marketing, ada delapan jenis bentuk konsep digital marketing. Pemahahaman digital marketing ini sangat penting untuk mendukung kinerja digital marketer. Berikut ulasan singkatnya:

1. Sosial Media

Selain fungsinya untuk berintraksi secara onling ataupun daring, sosial media dapat bermanfaat sebagai media pemasaran. Banyak platform yang dapat dimanfaatkan seperti, WhatsApp, Instagram, Tiktok dan lain sebagainya

2. Email Marketing

Email yang berisi promosi yang dikirimkan kepelanggan ataupun calon pelanggan adalah bentuk pemasaran online. Metode ini mudah dan gratis untuk digunakan untuk promosi produk, event, majalah, dan promo.

3. Content Writing

Dalam pemasaran sebuah produk perlunya ada seorang content writer untuk memproduksi konten konten pemasaran produk. Biasanya content writing menulis konten di website, blog post, dan landing page sebagai informasi pembaca.

4. SEO

Search engine optimization (SEO) adalah pengoptimalan mesin telusur. Metode tersebut merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan efektifita rating website pada pecarian dimesin telusur google.

5. A / B Testing

AB testing merupakan suatu cara untuk membandingkan dan mengetahui keunggulan dan kelemahan diantara dua jenis produk. Contohnya membandingkan antara website satu dengan website lain untuk mentukan keputusan kedepan.

6. SEM

Search engine marketing (SEM) merupakan metode meningkatkan pemasaran di mesin telusur google seperti SEO, namun SEM harus berbayar tidak seperti SEO yang organic atau gratis.

7. PPC

PPC (Pay Per Click) merupakan bentuk promosi produk melalui pengiklanan. Namun metode tersebut haru berbayar setiap kali diklik oleh target konsumen. Biasanya pengiklanan tersebut berbentuk web banner.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alasan untuk membeli guitar di Raaf Guitar